Ketika sebuah perusahaan berdiri, maka perusahaan
tersebut harus memiliki sistem manajemen yang sesuai dengan tujuan yang ingin
dicapainya. Salah satu bagian dari manajemen suatu perusahaan adalah human resources planning. Penilaian
kerja adalah bagian dari human resources
planning dimana penilaian kerja diberikan kepada karyawan dengan tujuan membuat
data, rewards, promosi, layoff, employee development, motifasi, dan transfer. Pemberian penilaian harus sesuai dengan kriteria yang
diinginkan perusahaan dan sesuai dengan job
description pekerjaan tersebut. Pemberian penilaian akan mempengruhi
perilaku, maka penilaian kepada karyawan akan mempengaruhi perilaku.
Pemberian penilaian setiap perusahaan disesuaikan
dengan fiscal year perusahaan. Fiscal year adalah cutting point budged suatu perusahaan. Salah satu contohnya yaitu :
Januari 1 2 3 4 Desember
Dalam penilaian kerja, yang seharusnya dinilai
adalah knowledge, skill, dan attitude. Namun perusahaan sekarang lebih mengutamakan penilaian
terhadap knowledge dan skill. Pada kenyataanya, attitude juga harus menjadi bagian dari
penilaian kerja. Penilaian yang diberikan pada karyawan bisa dengan dua cara
yaitu dengan sistem penilaian 180o atau dengan sistem penilaian 360o.
Sistem penilaian 180o adalah sistem dimana yang memberi penilaian
adalah vertikal dari atas ke bawah. Contoh sistem 180o adalah
penilaian diberikan oleh Top kepada Middle dan dari Middle kepada Staff. Sistem
penilaian 360o adalah sistem dimana yang memberikan penilaian adalah
semua orang yang bersangkutan kepada pekerjaan itu. Contoh penilaian 360o adalah
ketika seorang staff marketing akan
diberikan penilaian, orang-orang yang akan memberikan penilaian kepadanya
adalah managernya, manager dari divisi lain, teman satu tim,
teman dari divisi lain, dan cutomer. Karakteristik
standar kinerja yang baik adalah realistik, dapat diukur, dan secara jelas
dapat dipahami.
Komentar
Posting Komentar